Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup
Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup, Lokal dan Cloud

Chat Whatsapp seringkali mengandung hal-hal penting. Namun sayangya terkadang chat tersebut bisa hilang begitu saja ketika ada error sistem, tanpa adanya backup terlebih dahulu. Oleh karena itu, diperlukan cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup.

Yang cukup menarik, meskipun pengguna tidak melakukan backup chat secara manual, aplikasi whatsapp secara otomatis melakukan backup data-data penggunanya, termasuk chat yang ada setiap minggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan chat yang hilang dan tidak dapat dikembalikan.

Penasaran dengan pembahasan terkait cara melihat pesan wa yang sudah dihapus tanpa sempat dibackup? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup File Lokal

Karena Whatsapp secara otomatis melakukan backup, maka kamu bisa memeriksa file chatmu di directory smartphone dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka file manager yang ada di smartphone, kemudian buka penyimpanan internal
  2. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan folder whatsapp
  3. Buka folder tersebut, kemudian lanjutkan membuka database
  4. Di dalam database kamu akan menemukan beberapa file hasil back up otomatis yang dilakukan whatsapp
  5. Ubah nama file tersebut yang sebelumnya TTTT-BB-HH.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12
  6. Kembali ke home screen dan uninstall whatsapp yang sudah ada, kemudian langsung install kembali
  7. Buka aplikasi whatsapp dan masukkan identitas akun anda
  8. Setelah selesai, anda akan diberi tawaran untuk memulihkan chat yang sebelumnya ada di file lokal anda.
  9. Pilih pulihkan dan tunggu sampai file anda berhasil dikembalikan
Sedang Trending :  Inilah 3 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Langkah-langkah di atas adalah cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup dengan menggunakan hasil back up otomatis whatsapp di directory file lokal. Selanjutnya adalah cara serupa tetapi dengan file yang berada di google drive.

Baca juga : Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim

Langkah Kembalikan Chat WhatsApp yang Terdelete Sebelum di Backup Google Drive

Whatsapp tidak hanya melakukan pencadangan secara lokal, tetapi juga secara cloud. Untuk mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di back up dengan google drive caranya cukup mudah.

Langkah pertama adalah menghapus, kemudian menginstall Kembali aplikasi whatsapp di smartphone kamu. Setelah itu masukkan data akun whatsappmu supaya bisa login. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP, dan ikuti.

Langkah berikutnya dalam cara mengembalikan chat wa yang hilang sebelum di backup dengan google drive adalah memilih “pulihkan chat” yang sebelumnya ada, kemudian pilih menu google drive. Anda akan diminta memilih email yang digunakan untuk whatsapp and ajika di smartphone anda terdapat beberapa email.

Pilih email yang memang digunakan untuk akun whatsapp anda, dan tunggu sampai chat berhasil direstorasi dan Kembali seperti sedia kala.

Itulah ulasan cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup dengan directory file lokal dan google drive. (PC)

Tinggalkan Balasan