Cara Cek Nomor NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel
Cara Cek Nomor NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Penting, Inilah Cara Cek Nomor NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

Penting, Inilah Cara Cek Nomor NIK yang Terdaftar di Kartu TelkomselDi Indonesia, ketika akan mendaftarkan SIM card untuk ponsel diwajibkan untuk memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan juga Kartu Keluarga (KK). Selain itu, NIK ini juga bisa dicek untuk mengetahui apakah nomor kependudukan tersebut sudah terdaftar pada SIM card tertentu, sehingga orang pun saat ini mencari cara cek nomor NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel ketika akan meregistrasikan nomor SIM card lain.

Dan dengan menggunakan cara mengecek NIK ini, Anda juga bisa mengetahui apa status dari NIK tersebut dan bisa melakukan tindakan lebih lanjut ketika Anda mendapati atau mengetahui bahwa NIK Anda telah digunakan untuk registrasi pada nomor lain yang Anda tidak kenal.

Aturan pemerintah dalam mewajibkan para pelanggan telpon seluler untuk segera mendaftarkan NIKnya ketika mengaktifkan nomor SIM card yang baru dibeli, bertujuan untuk meminimalisir adanya tindak penipuan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pemerintah juga melakukan pembatasan pada jumlah nomor telepon yang dapat di registrasi dengan NIK yang sama, yaitu hanya bisa melakukan registrasi nomor paling banyak tiga nomor kartu untuk setiap NIK atau KK.

Kemudian, jika Anda tidak segera meregistrasikan SIM card, resikonya Anda bisa diberlakukan pemblokiran total pada kartu Anda, sehingga Anda tidak akan bisa melakukan panggilan telpon, mengirim dan menerima SMS, mengisi pulsa, sampai tidak bisa berlangganan internet. Berikut ini adalah cara mengecek nomor NIK yang terdaftar di kartu pada beberapa operator telpon yang ada di Indonesia.

Sedang Trending :  Ketahui 4 Cara Mudah Cek Nomor Telkomsel

Simak juga : Cara Cek Nomor Telkomsel Yang Terdaftar Di NIK

Cara Cek NIK yang Sudah Terdaftar

Untuk mengecek nomor penduduk yang terdaftar pada SIM card, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membagikan caranya. Jadi, jika Anda ingin mengecek NIK dan nomor kartu seluler yang telah teregistrasi bisa mengikuti cara di bawah ini.

Indosat

Untuk melakukan pengecekan NIK pada kartu Indosat, ada dua acara yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengunjungi website resmi Indosat di myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index. Selain itu, juga bisa mengecek lewat SMS dengan format SMSnya adalah INFO#NIK dan kirim ke nomor 4444.

Telkomsel

Berbeda dengan Indosat, cara mengecek nomor NIK yang sudah terdaftar di kartu Telkomsel jauh lebih mudah yaitu hanya dengan melakukan panggilan telpon ke nomor 188. Selain itu, jika Anda ingin mencari cara cek nomor Telkomsel bisa dengan melalui USSD dengan format *808#.

XL Axiata

Cara mengecek nomor NIK yang sudah terdaftar di kartu seluler XL Axiata bisa melalui USSD dengan format *123*4444#.

Smartfren

Bagi Anda yang menggunakan kartu Smartfren, pengecekan NIK melalui SMS dengan format CEK kirim ke nomor 444.

Itulah beberapa cara mengecek nomor NIK yang sudah terdaftar di kartu Telkomsel dan kartu lainnya.

Baca juga : Cara Cek Nomor Seri Voucher Telkomsel

Tinggalkan Balasan