Cara Cek Nomor Telkomsel Yang Terdaftar Di NIK
Cara Cek Nomor Telkomsel Yang Terdaftar Di NIK

Berikut Cara Cek NIK yang Telah Terdaftar di Kartu Seluler

Saat ini, cara cek nomor telkomsel yang terdaftar Di NIK beserta kartu operator lainnya, seperti XL Axiata, Indosat, Smartfren, dan Tri merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat luas. Pasalnya, dengan cek nomor Telkomsel dan kartu operator lainnya, Anda dapat mengetahui nomor-nomor berapa saja yang menggunakan nomor NIK Anda.

Tujuan dengan adanya registrasi NIK pada kartu seluler ialah untuk dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat agar dapat terhindar dari tindak kejahatan, seperti penipuan yang mana seringkali terjadi melalui telepon atau SMS. Selain itu, dengan cara ini pula dapat meminimalisirkan dalam penyalahgunaan nomor.

Anda bisa dengan mudah mengeceknya, apakah NIK telah terdaftar di kartu SIM operator tertentu atau belum dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki.

Simak juga : Cara Cek Nomor Seri Voucher Telkomsel

Tips Cara Cek Nomor Telkomsel Yang Terdaftar Di NIK

Untuk saat ini, pemerintah memiliki peraturan dalam membatasi jumlah nomor telepon seluler yang dapat diregistrasi oleh satu NIK. Masyarakat Indonesia hanya bisa registrasi maksimal tiga kartu untuk satu NIK atau KK.
Dikutip dan berdasarkan akun Instagram resmi milik Kementerian Komunikasi dan Informatika, berikut cara cek nomor NIK yang telah terdaftar di kartu Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan Tri.

1. Telkomsel

Jika Anda merupakan pelanggan Telkomsel, cara cek nomor telkomsel yang terdaftar di NIK Anda dapat melakukannya dengan cara menelpon ke nomor 188.

2. Indosat

Jika Anda merupakan pelanggan Indosat, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan.

Sedang Trending :  Penting, Inilah Cara Cek Nomor NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel

a. Pertama, Anda dapat menggunakan laman https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index.
b. Kedua, dengan melalui SMS. Ketik formatnya INFO#NIK kirim ke 4444.

3. XL Axiata

Jika Anda merupakan pelanggan XL Axiata, Anda bisa melakukan pengecekan dengan melalui USSD format *123*4444#.

Apabila Anda pengguna Axis dapat melalui cara dengan menggunakan laman https://axis.co.id/cel-nik.

4. Tri (3)

Jika Anda merupakan pelanggan Tri, Anda dapat melakukan pengecekan NIK beserta nomor ponselnya dengan cara SMS. Ketik STATUS dan kirim ke nomor 4444.

5. Smartfren

Jika Anda merupakan pelanggan Smartfren, Anda dapat melakukan pengecekan Nik dengan cara, ketik CEK dan kirim ke nomor 4444.

Apabila Anda mengalami masalah atau hal lainnya, selain cara-cara di atas Anda juga bisa langsung menghubungi pihak customer service dari masing-masing operator.

Cara Daftar Nomor Telkomsel

  • Pertama, siapkan data yang dibutuhkan, seperti KTP dan NIK yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kependudukan & Catatan Sipil.
  • Setelah itu, masukkan kartu Telkomsel Anda ke dalam ponsel.
  • Buka pesan lalu buat pesan baru dengan format:
    • Bagi Anda yang pelanggan baru, buat SMS dengan cara REK(spasi)NIK#NomorKK# lalu kirim ke 4444.
    • Bagi Anda yang pelanggan lama, buat SMS dengan cara Ulang(spasi)NIK#NomorKK# lalu kirim ke 4444.

Itulah, cara cek nomor telkomsel yang terdaftar di NIK, beserta kartu operator lainnya. Pastikan Anda melakukan caranya dengan benar dan tepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. (PC)

Baca juga : Cara Cek Lokasi Nomor Telkomsel

Tinggalkan Balasan