Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi
Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Kini, Anda dapat mempelajari cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi. Cara ini terbukti efektif apabila foto dalam galeri Anda anggap penting. Memang, khusus smartphone terbaru ini memiliki penyimpanan khusus untuk menampung foto yang baru terhapus.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika foto yang tersimpan di galeri ini tidak sengaja terhapus. Anda bisa mengembalikan foto tersebut dengan mudah tanpa bantuan aplikasi apapun. Cara ini dapat Anda aplikasikan untuk semua jenis ponsel Android.

Panduan Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi Khusus

Memang, foto adalah salah satu dokumen penting yang wajib dijaga. Sebab, foto dapat dijadikan untuk mengenang momen penting dengan seseorang. Namun, bisa saja foto yang tersimpan dalam galeri terhapus permanen dengan tidak sengaja.

Tidak perlu khawatir, kini ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di galeri smartphone. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk mengembalikan foto.

Maka dari itu, ini dia tutorial lengkap cara mengembalikan foto yang telah terhapus secara tidak sengaja tanpa menggunakan aplikasi khusus. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Masuk ke Menu Galeri pada Smartphone

Langkah pertama, silahkan masuk ke menu galeri pada smartphone pribadi milik Anda. Kemudian, Akan muncul tanda tiga titik pada pojok kanan atas.

2. Cari Menu Sampah pada Galeri Smartphone

Setelah menekan tanda tiga titik tersebut, akan muncul beberapa pilihan yang tersedia. Pilih menu “sampah”. Kemudian, akan muncul beberapa foto yang telah Anda hapus sebelumnya.

3. Pilih Foto yang Akan Dikembalikan ke Galeri

Langkah ketiga, pilih foto yang akan Anda pulihkan kembali. Anda dapat memilih lebih dari 1 foto untuk dikembalikan ke galeri. Setelah itu, tekan menu “pulihkan”. Foto yang telah Anda pilih secara otomatis akan kembali ke galeri.

Sedang Trending :  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Perlu Anda ketahui, foto yang tersimpan pada menu “sampah” ini secara otomatis akan terhapus permanen jika telah melewati 30 hari sejak foto dihapus. Jika telah terhapus permanen, Anda tidak dapat mengembalikan foto tersebut ke galeri.

Daftar Aplikasi Android yang Digunakan untuk Mengembalikan Foto

Apabila smartphone Anda belum memiliki cloud atau tempat penyimpanan foto yang telah terhapus, maka pemilik dapat menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut dapat Anda download melalui Google Play Store.

Tidak perlu khawatir, aplikasi khusus ini hanya membutuhkan sedikit ROM internal smartphone. Jadi, HP dengan RAM dan ROM kecil pun dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.

1. DiskDigger

Aplikasi pertama adalah DiskDigger. Aplikasi ini membantu para pemilik smartphone untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus. Aplikasi ini kompatibel dengan semua tipe smartphone Android.

2. Restore Image

Lalu, aplikasi kedua adalah Restore Image. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan DiskDigger. Hanya saja, ada beberapa tipe smartphone tertentu tidak kompatibel dengan aplikasi ini.

Beberapa orang tentu pernah menghapus foto secara tidak sengaja. Akibatnya, foto yang tersimpan di galeri akan hilang. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang telah terhapus dengan maupun tanpa aplikasi HP. (SA)

Tinggalkan Balasan